Monday, July 16, 2018

Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Tubuh

Yoghurt merupakan hasil proses fermentasi dari susu olahan. Sehingga yoghurt tidak hanya mempunyai rasa manis, tapi juga terdapat rasa asamnya. Rasa asam yoghurt berasal dari bakteri atau mikroorganisme di dalam susu olahan yang difermentasikan. Bukan hanya rasanya yang unik, banyak manfaat yoghurt yang bisa diambil. Bakteri atau mikroorganisme yang terdapat di dalam susu olahan ini,  mempunyai manfaat penting bagi kesehatan tubuh anda. Bakteri yang terkandung di dalam yoghurt ada dua jenis bakteri: Lactobacillus dan Bifidobachterium. Bakteri Probiotik mempunyai fungsi untuk kelancaran sistem pencernaan.

Yoghurt tidak hanya dapat dikonsumsi oleh laki-laki dan wanita dewasa, tetapi bisa juga untuk anak-anak serta manula. Yoghurt mempunyai rasa yang lezat dan pas dengan selera karena rasa asamnya, apalagi jika dicampur dengan buah dan sayuran segar. Beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh, antara lain:
1. Kesehatan Pencernaan
Manfaat yoghurt yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bakteri Probiotik mempunyai fungsi dalam pencernaan, sebagai penyeimbang mikroflora di dalam sistem pencernaan anda. Selain penyeimbang mempunyai manfaat lainnya, seperti: BAB lancar, membersihkan dinding usus, mencegah bakteri E. coli masuk dan melancarkan aktivitas sistem pencernaan.

2. Kesehatan Tulang dan Gigi
Yoghurt berasal dari susu olahan yang di dalamnya terkandung kalsium dan vitamin D. Manfaat yoghurt lainnya adalah untuk mencegah osteoporosis. Di dalam yoghurt juga terdapat asam laktat dan vitamin K untuk melindungi gigi berlubang, perdarahan gusi, mencegah bau mulut serta untuk memperkuat tulang.

3. Membantu Proses Pertumbuhan
Manfaat yoghurt membantu proses pertumbuhan tinggi badan anak dan usia remaja, karena kandungan susu yang merupakan bahan utama pembuatan yoghurt. Orang tua pintar yoghurt bisa digunakan untuk mengganti susu bagi anak yang tidak penyuka susu.

4. Kesehatan Kulit dan Rambut
Manfaat yoghurt selanjutnya, untuk menyehatkan kulit dan memperkuat rambut. Ini merupakan cara yang digunakan suku India kuno dan Mesir kuno, memanfaatkan yoghurt untuk mempercantik kulitnya. Karena dipercaya bahwa manfaat yoghurt membuat sel kulit mati dapat terangkat, mengobati jerawat, mengobati ketombe, mengobati luka bakar, dan mengurangi rambut rontok.

5. Mengobati Tekanan Darah dan Kolesterol
Di dalam yoghurt terkandung kalium. Kalium mempunyai fungsi untuk mengeluarkan sodium yang berlebih di dalam tubuh. Sodium ini yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan mengganggu sistem kerja ginjal,  serta mengeluarkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk anda yang mempunyai resiko darah tinggi, dan kolesterol, konsumsi yoghurt bisa menjadi pilihan.

6. Kesehatan Ibu Hamil
Yoghurt juga aman dikonsumsi untuk ibu-ibu yang sedang hamil. Karena yoghurt mempunyai bakteri baik untuk menyehatkan pencernaan. Manfaat yoghurt untuk ibu hamil, antara lain: mencegah sembelit, sumber kalsium dan magnesium selama hamil, dan untuk membantu proses pembentukan tulang pada janin.

7. Kelancaran Datang Bulan bagi Wanita
Untuk melancarkan datang bulan, mengurangi nyeri saat datang bulan, dan mengembalikan sel-sel darah merah, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia (kurang darah). Termasuk di dalam manfaat yoghurt untuk wanita.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt berfungsi untuk membentuk sel darah putih. Sel darah putih mempunyai fungsi untuk mencegah bakteri yang masuk. Sehingga meningkatnya kekebalan juga membuat anda tidak mudah terserang penyakit.

9. Membantu Kebutuhan Vitamin dalam Tubuh
Yoghurt mengandung banyak sekali vitamin, yang berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah dan meningkatkan kinerja sistem saraf. Sehingga dengan yoghurt dapat menyeimbangkan vitamin dan memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh.

Demikian adalah beberapa manfaat yoghurt, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
Designed By