Saturday, March 23, 2019

Bisa Jadi Ide Bisnis, Ini Resep Donut Lembut yang Harus Kamu Coba

Indonesia memang memiliki banyak sekali makanan khas dan berbagai macam jenis kudapan. Oleh karena itu tak heran jika Indonesia cocok untuk digunakan sebagai destinasi wisata kuliner. Kekayaan kuliner tersebut didukung dengan banyaknya jenis makanan dan cara membuatnya yang mudah. Salah satunya adalah donut lembut. Donut memang banyak sekali macamnya dan resep yang digunakan juga tidak sedikit. Namun salah satu resep donut lembut yang satu ini harus kamu coba karena resep ini bisa jadi ide bisnis yang membawa banyak keuntungan.

Resep Donut Lembut
Bisa dikatakan jika saat ini bisnis kuliner memberikan peluang yang sangat tinggi terhadap kemajuan ekonomi, terlebih jika bahan-bahan yang digunakan sudah pasti terjamin. Dengan begitu kualitas kuliner yang disuguhkan juga terjamin rasa dan manfaatnya. Salah satu bisnis yang bisa dicoba adalah donut lembut. Membuat donut lembut bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk kamu yang belum tahu, berikut resep donut lembut yang harus kamu coba:

1. Sebelum membuat donut lembut, siapkan terlebih dulu bahan yang dibutuhkan, seperti tepung terigu protein tinggi (bisa menggunakan tepung cakra kembar atau sejenisnya) sebanyak 500 g, mentega sebanyak 3 sendok makan, telur ayam 2 butir, air sekitar 200 cc, susu kental manis atau bubuk sebanyak 3 sendok makan, ragi atau fermipan sekitar 10 - 11 g, garam kurang lebih 2 sendok teh, gula pasir kurang lebih 4 sendok makan, dan minyak goreng untuk menggoreng donut.
2. Setelah semua bahan sudah tersedia, sediakan juga wadah besar untuk membuat adonan. Jika sudah, masukkan telur dan kocok dengan sendok lalu masukkan gula pasir, susu, mentega, dan garam dan aduk lagi hingga rata. Jika sudah masukkan tepung dan aduk lagi hingga semua tercampur rata.
3. Gunakan air yang sudah disediakan untuk melarutkan ragi atau fermipan lalu campurkan ke adonan dan uleni hingga semua bahan tercampur.
4. Terus uleni adonan hingga kalis lalu diamkan selama kurang lebih 20 hingga 25 menit dengan menutup wadah adonan dengan kain bersih.
5. Setelah itu ambil adonan dan bentuk menjadi bulat serta lubangi pada bagian tengah. Diamkan lagi selama 20 menit.
6. Sembari menunggu adonan donut selama kurang lebih 20 menit, kamu bisa siapkan terlebih dulu penggorengan yang akan digunakan. Beri juga minyak pada penggorengan dan gunakan api kecil ketika menggoreng.
7. Jika sudah, kamu bisa menggoreng donut dengan menggunakan sumpit agar bentuk donut tidak berubah dan hasilnya menjadi bagus. Namun sebelum itu pastikan terlebih dulu bahwa minyak goreng yang akan digunakan benar-benar sudah panas.
8. Saat menggoreng, sesekali balik donut agar warna donut menjadi cantik dan donut bisa matang dengan rata. Tunggu hingga donut berwarna keemasan lalu angkat donut dari wajan.
9. Tiriskan donut agar kandungan minyak yang ada di dalamnya berkurang sebanyak mungkin dan diamkan.
10. Sebelum disajikan, kamu bisa memberikan hiasan atau topping pada bagian atas donut. Banyak sekali yang bisa digunakan untuk hiasan, seperti coklat, meses, keju, gula halus, dan masih banyak yang lainnya. Hiasan atau topping yang bervariasi pasti akan menambah minat pembeli. Jadi kamu tidak usah heran jika bisnis donut bisa lebih cepat berkembang.

Itulah sedikit ulasan tentang resep donut lembut yang harus kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Designed By